26 September 2009

Jalur Alternatif Wonosobo Jogja

Mudik tahun ini mencoba jalur baru. Pengamatan saya Wonosobo hanya mempunyai 2 tugu penyambutan yaitu di sebelah timur perbatasan dengan Temanggung dan diselatan perbatasan dengan Banjarnegara. Namun akses keluar masuk Wonosobo cukup banyak.

Kali ini arus balik kami dimulai dari rumah Wonobungkah menuju Kaliwiro. Ternyata dari Kaliwiro ada jalur yang baru selesai diperbaiki menuju Sapuran. Dari Sapuran ini bisa melalui jalur altenatif ke Magelang ataupun Jogja. Ada 2 jalur yang dapat dipilih dari Kaliwiro :
  • Wonosobo - Kaliwiro - Kali Bawang - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja
  • Wonosobo - Kaliwiro - Winong Sari - Pasar Kertek - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja
Kami memilih jalur yang pertama. Jalannya sudah bagus walaupun ada kekurangannya yaitu sempit, naik turun, tikungan tajam, dan samping jurang. Jarang ditemukan aspal yang rusak, ada sedikit rusak namun tidak mengganggu perjalanan. Bagi yang terbiasa mabuk darat, mungkin bisa langsung muntah-muntah :D. Dari Kaliwiro sampai Sapuran waktu tempuh +/- 45 menit. Ini lebih cepat dibanding harus memutar ke Wonosobo. Belum lagi akan ketemu macet di pertigaan Pasar Kertek. Jadi jalur ini adalah rekomendasi bagi yang tinggal ataupun akses terdekat dari Kaliwiro. Jelas tidak ada kemacetan hanya harus ekstra hati-hati karena medannya yang cukup rumit untuk pemula.

Ketika sudah sampai di Salaman, jalur sudah mulai memadat. Sifatnya masih padat lancar tidak sampai terjadi kemacetan panjang. Untuk mengurangi tingkat stress alangkah baiknya istirahat di jalur Salaman ini. Ada sebuah Mushola yang namanya Arrohmah. Saran saya istirahatlah disana. Tempatnya bagus. Kebetulan saya tidak mencoba ke toilet jadi tidak bisa memberikan penilaian. Namun ini tempat yang paling nyaman untuk istirahat dibanding disekitarnya. Parkir cukup luas, ada Kantin Barokah, dan pemandangan yang dapat menyegarkan pikiran.
Mushola Arrahmah

Kantin Barokah



Tempat singgah sementara ini dapat anda nikmati jika melalui jalur Salaman. Jalur ini juga menuju ke Purwokerto. Jika dari arah Magelang posisinya sebelah kanan jalan. Jalur ini juga melalui tempat pariwisata kebanggaan kita semua yaitu Candi Borobudur.

Kami tidak mampir ke Candi Borobudur karena pastinya macet dan ramai sekali. Bagi yang menempuh arus balik maupun mudik hati-jati dijalan, istirahatlah jika merasa tidak enak badan. Carilah tempat yang nyaman seperti ini. :)


No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad